Sabtu, 20 Mei 2017

Merajut Kebhinekaan Pelepasan Anak Didik Ta. 2016/2017 Yayasan Menara Kasih Bangsa

Penutupan tahun ajaran 2016/ 2017 Yayasan Menara Kasih Bangsa  mengadakan acara perpisahan  dan pelepasan anak didik  TK Cahaya Kasih angkatan ke 3 dan  TK Menara Serafim angkatan Ke 5. Wisuda ini merupakan momentum yang bertepatan dengan Hari kebangkitan Nasional tanggal 20 mei. Nuansa keberagaman terpancar dari busana adat  berbagai suku di Indonesia yang dikenakan wisudawan/ wisudawati sebagai bentuk penanaman rasa cinta tanah air sejak dini kepada anak didik dalam merajut kebhinekaan.
Acara tersebut dipimpin oleh Mc Ibu Herdawati Sianjuntak S.Th. wisudawan/ wisudawati di persilahkan untuk memasuki ruangan acara seperti di ketahui bahwa tempat yang di gunakan untuk prosesi pelantikan wisuda tersebut memimjam ruanga ibadah Gereja Bethel Apostolik dan Profetik.  Para hadirin di persilahkan berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di pimpin oleh paduan suara Menara Serafim. Sebagai bentuk keberagaman suku, dan agama Doa pembukaan di pimpin oleh Ibu Ustazah Sari dengan doa secara muslim sangat indah keberagaman itu ketika mendengar Sholawat yang di lantunkan.
Acara ini diramaikan dengan berbagai pentas seni dari anak didik yaitu ; tarian khas papua Yamko Rambe dan Tarian Go Green yang di tampilkan oleh TK Menara Serafim, Tarian Merah Putih Yang di bawakan Oleh TK Cahaya Kasih. Penempilan anak-anak dengan gaya lugu, polos dan lucu memukau para undangan  dan orang tua.  Pujian, gelak tawa dan tepuk tangan  mengiringi penampilan anak tersebut.
Merupakan Suatu kehormatan Acara ini di hadiri oleh Ibu Pdt. Mary Hartanti, D.Min selaku pendiri Yayasan Menara Kasih Bangsa, Pdt. Hendroto Halim selaku Pengawas YMKB, Ibu Ustazah Sari, Ibu RT 04 Kapuk dan seluruh orang tua murid dari masing- masing sekolah.
Ketua YMKB Pdt. Daniel Sugeng Adi Suprapto selain sebagai ketua Yayasan beliau yang selalu aktif dalam Organisasi Grejawi,  sebagai penyiar di stasiun Radio Heartline, dan host mimbar Agama Kristen dan lintas agama di TVRI. dalam  sambutannya beliau menyampaikan terimakasih kepada orang tua murid yang telah mempercayakan sekolah binaan YMKB sebagai tempat belajar anak. Beliau mendefenisikan visi sekolah yang berfokus pada beriman teguh sesuai kepercayaan masing-masing, berilmu teruji, dan berkarakter terpuji. Karena wisuda ini bertepatan dengan Hari kebangkitan Nasional Pdt Daniel mengurai sedikit sejarah perjuangan bangsa yang dimulai dari masuknya Kerajaan Hindu Budha, Kerajaan Islam, dan kerajaan Kristen yang sempat ada di larantuka NTT. Beliau menjelaskan bahwa semua golongan ikut andil dalam kemerdekaan ini. Politik adu domba yang diciptakan penjajah mengkotak-kotakkan masyarakan pada golongan-golonga tetentu sehingga sehinga lahirlah organisasi sosial yang di prakarsai oleh Budi utomo yang hari ini kita kenal sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Beliau melanjutkan bahwa kita patut bersyukur menjadi bagian dari negara ini sekolah dan orang tua harus terus menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air kepda anak didik sejak dini.
Selanjutnya kesan dan pesan yang mewakili orang tua murd TK Menara Serafim di sampaikan oleh Bpk. Gusnadi. Dalam sambutan tersebut beliau menyampaikan terimaksasih kepda Yayasan yang telah menyelenggarakan lembaga pendidikan anak usia dini di lingkungan mereka, beliau menceritakan bahwa mereka sebagai orang tua sangat susah dalam mengajarkan membaca dan menulis bagi anak sendiri, beliau bercerita tentang masa sekolahnya dulu kalau mau menulis saja susah sampai nangis-nangis karena zaman waktu dia sekolah belum ada TK. Beliau berterimakasih kepada para dewan guru dengan sabar telah mendidik anaknya sehingga bisa berhasil dan beliau berharap agar pihak YMKB bisa membuka sekolah ke jenjang SD agar anaknya bisa melanjutkan pendidikan karena beliau telah merasakan keberhasilan yang didapat anaknya selama sekolah di menara serafim.
Pada acara tersebut orang tua murid dari Hazel Alvandia Subekti menyampaikan sambutan mewakili orang tua murid TK Cahaya Kasih. Ia  sangat berterima kasih kepada YMKB yang telah membuka layanan pendidikan umum pada TK CK sehingga anaknya bisa menimba sejuta pengalaman belajar. Selanjutnya ayahanda dari Hazel yang akrab disapa Bapa Hazel sangat berterima kasih karena anaknya menjadi anak yang berkarakter dan berilmu dari belum tau menjadi bisa baca dan tulis sejak belajar di TK CK. beliau berterima kasih kepada dewan guru yang dengan penuh dedikasi telah mendidik anaknya. Dan beliau menyampaikan harapannya agar sekolah yang ada dibawah binaan YMKB terus berkembang.
Selanjutnya laporan  akademik dari Ka. TK Menara Serafim  Ibu. Ester Marbun, S.Pd dalam laporan dan sambutan tersebut beliau menyampaikan terimaksaih kepada orang tua murid yang telah mempercayakan lembaga pendidikan Menara Serafim sebagai tempat belajar yang tepat bagi anak nya, Ibu ester menyampaikan aspek-aspek perkembangan sebagai indikator kelulusan anak didik, seperti yang ia sampaikan bahwa anak-anak yang kami luluskan mencakup penilaian perkembangan seperti perkembanga bahasa anak contoh : anak yang awalnya masuk bisa bicara satu kata sekarang sudah bisa bicara lancar, perkembangan kognitif anak yang belum bisa menulis bisa menulis, membaca, berhitung dll. Beliau berpesan kepada anak didik yang di wisudahkan agar terus rajin-rajinlah belajar.
Sambutan dan laporan akademik dari Ka. TK Cahaya Kasih Tertius, S.Pd, MM dalam sambutan tersebut mengucapkan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada para dewan guru yang telah meluangkan waktu tenaga dengan penuh dedikasi mengajar, mendidik, membina anak didik dari nol/ belum tau menjadi tau, belum mengerti menjadi mengerti, dari biasa menjadi luar biasa “From Zero To Hero”. dan ia berterimakasih kepada orang tua murid yang telah mempercayakan dan memilih Lembaga Pendidikan kami sebagai tempat/ pusat belajar dan bermain bagi putra-putrinya. Beliau menyampaikan bahwa Tugas Lembaga Pendidikan TK Cahaya Kasih untuk mendidik, membina, dan melayani para anak didik selesai. Tetapi proses pembelajaran bagi anak tidak akan pernah berhenti, belajar tidak terbatas pada ruang dan waktu, belajar tidak terbatas pada bangku sekolah.  Tantangan pendidikan bagi anak saat ini sangat berat denga berbagai masalah klasik pergaulan bebas, kekerasan dan pelecehan, narkoba, radikalisme, budaya korupsi, peran media sosial sangat tinggi oleh karena itu peran keluarga/ org tua sangat penting untuk keberhasilan anak. Beliau menyampaikan bahwa anak-anak yang di  luluskan saat ini mereka calon generasi emas bangsa karena 29 tahun kedepan Negara indonesia memasuki usi 100 tahun  kemerdekaan mereka calon pemimpin yang akan menduduki kursi-kursi birokrasi,  ia berpesan untuk  para alumni anak-anak TK Cahaya Kasih Jadilah anak cerdas, kreatif , mandiri, Rajin-rajinlah belajar dan taat kepada orang Tua. Kejarlah cita-cita setinggi langit.
Puncak dari acara tersebut adalah prosesi dan pelantikan wisuda yang dimuali dari TK Cahaya Kasih. Anak didik dipanggil satu-persatu kedepan sambil disebutkan cita-cita mereka. Setelah di kalungi medali anak-anak menyampaikan ikrar wisudawan/ wisudawati yang isinya janji , bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air, mengamalkan ilmu yang didapat, mematuhi norma yang berlaku, dan menjunjung tinggi nama lembaga TK Cahaya Kasih. Selanjutnya wisudawan menyanyikan lagu Bagi mu Negeri. Selanjutnya prosesi pelantikan TK Menara Serafim Anak didik dipanggil satu-persatu kedepan sambil disebutkan cita-cita mereka terlihat keceriaan di raut wajah anak didik bahwa ada harapan masa depan bagi mereka. Setelah pengalungan medali dan penerimaan ijazah tanda kelulusan, para wisudawati/ wisudawan dari TK Menara Serafim dan TK Cahaya Kasih secara bersama-sama menyanyikan lagu Terimakasih Guru ku. Dan doa restu bagi wisudawan yang disampaikan oleh Pdt. Daniel Sugeng Adi Suprapto dalam doanya beliau menyampaikan permohonan kepada Tuhan agar anak didik yang diwisudakan selalu beriman teguh, berilmu, berahlak, memiliki masa depan yang gemilang dan menjadi anak yang berbakti pada orang tua, Bangsa dan Negara.
Akhir dari acara ini Doa Penutup di sampaikan Oleh Pdt. Hendroto Halim dalam doanya beliau menyampaikan permohonan kepada Tuhan agar anak-anak yang di luluskan menjadi anak yang berkarakter, berilmu, dan beliau memberkati orang Tua murid agar menjadi orang tua yang baik dalam mendidik anaknya. Selanjutnya beliau meyerahkan perjalanan pulang para orang tua dan wisudawan kedalam tangan Tuhan. (Tertius)



Foto : Ustazah Sari saat Doa Pembukaan

Foto : sambutan Pdt. Daniel Sugeng Adi Suprapto

Foto: pengalungan Medali Oleh Pdt. Mary Hartanti, D.Min

Foto: Pemberia tanda kelulusan oleh Pdt. Hendroto Halim

Foto: Dokumentasi bersama usai pelantikan

Foto: Tarian Yamko Rambe

Foto : Tarian Merah Putih


Tidak ada komentar: