Selasa, 15 Februari 2022

Media Kartu Huruf Perekat dari Kain Flanel untuk Mengenalkan Huruf Pada Anak

 

Bermain Sambil Belajar Menggunakan Kartu Huruf

Taman Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan formal mencakup pada pembinaan anak usia dini yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. 


Salah satu tingkat pencapaian perkembangan yang sangat penting bagi anak usia dini adalah mengenal huruf. Hal ini penting sekali karena mengenal huruf merupakan pengetahuan dasar bagi anak sehingga anak mampu mengenal tulisan dan kata yang ada disekitarnya. Mengenal huruf juga sangat penting bagi anak dalam mendukung perkembangan bahasa terutama pada lingkup perkembangan keaksaraan. Maka dari itu dalam mengenal huruf dibutuhkan media pembelajaran sebagai pendukung dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran ini merupakan alat bantu yang memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada anak.

Adapun menurut Henry Guntur Tarigan, mengenal huruf adalah suatu proses yang dilakukan untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan melalui kata-kata/ bahasa tulis. 

Media yang digunakan adalah media kartu huruf. Menurut Ambarini dalam Arizqa, kartu huruf adalah kumpulan kartu yang didalamnya berisi huruf-huruf dari a-z (kapital dan kecil) dan diberi gambar serta kata untuk mendukung anak untuk paham dan hafal huruf abjad dari a-z. 

Media ini digunakan untuk dapat membantu anak dalam mengenal atau mengetahui huruf dan bentuknya, membedakan huruf, dan mencoba menyusunnya menjadi sebuah kata. Permainan kartu huruf ini memiliki berbagai kelebihan yaitu permainan kartu huruf ini dapat dikreasikan dengan beberapa cara bermain, media ini mudah dibuat dan sederhana, serta memberi kebebasan kepada anak untuk menyusun kata sesuai dengan gagasannya.

Berdasarkan observasi awal di TK Kristen Harapan Bagi Bangsa, dalam pembelajaran terdapat anak yang masih kesulitan dalam mengenal dan menyebutkan simbol huruf yang dituliskan atau diperlihatkan guru, dengan kata lain masih banyak terdapat anak yang kesulitan dalam mengingat huruf yang telah diajarkan oleh guru.

Permasalahan tersebut tidak terlepas dari berbagai faktor. Hal ini, guru sangat berperan dalam mengenalkan huruf kepada anak dan sebaiknya guru harus memperhatikan faktor dominan yang dapat mempengaruhi pengenalan huruf pada anak seperti, media pembelajaran yang diterapkan oleh guru agar dapat mengenalkan huruf kepada anak seoptimal mungkin.

Pada kenyataan banyak orang tua dan guru yang kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yang bervariatif sehingga dapat menarik minat belajar bagi anak didik. Padahal banyak media sederhana atau alat peraga yang bisa dibuat oleh guru menggunakan media barang bekas atau daur ulang.

Salahsatu media Kartu huruf tempel berikut sangat mudah dibuat oleh guru dan orang tua untuk memberikan minat belajar bagi anak didik. Pembuatan Media tersebut dengan menggunakan bahan yang mudah dijangkau alat dan Bahan tersebut adaha ; Gunting, Kain Flanel, Lem, dan Perekat kain.

Cara pembuatan media tersebut adalah :

1. Potong kain Flanel ukuran 30 x 30 cm sebagai latar media lalu ditempelkan perekat kain 

2. Benntuk pola Hururf a-z dengan kain flanel lalu digunting dengan rapi

3. Bentuk pola gambar (kendaraan, buah-buahan, dan benda-benda yang dekat dengan anak) pola tersebut digunting dengan rapih

4. Pola Huruf dan Gambar ditempelkan perekat kain menggunakan lem

Cara penggunaan media kartu huruf perekat dari kain flanel :

 Guru / orang tua memberikan contoh penggunaan media kartu perekat dan bagaimana merekatkan kartu dan gambar pola pada latar kain flanel 

 Anak menempelkan hururf secara berurutan pada kain flanel (a-z)

 Anak bebas memilih pola gambar lalu menempelkan kata sesuai dengan pola gambar tersebut

Tujuan penggunaan dari media tersebut adalah agar dapat meningkatkan minat belar anak didik dalam mengenal huruf. Melalui media tersebut anak didik dapat belajar sambil bermain dengan kegiatan yang menyenangkan sehingga kegiatan pembelajaran tidak menjadi beban dan juga pembelajaran tidak harus menggunakan Buku dan pensil saja.

Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media kartu huruf perekat dari kain flanel kegiatan pembelajaran pengenalan huruf kepada anak di TK Kristen Harapan Bagi Bangsa menjadi menyenagkan, kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan pengenalan huruf kepada anak secara signifikan. Oleh karena itu media pembelajaran ini kiranya dapat memberikan sumbangsi bagi para pendidik dan orang tua.

Oleh : Tertius, S.Pd